Friday, August 1, 2014

Online Shopping

Perkembangan teknologi bikin kita ga perlu lagi repot-repot keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kita. Semua bisa dikerjakan di rumah dengan memanfaatkan teknologi seperti hape, laptop, dll.

Pengen makan tapi males keluar? Telpon restoran buat delivery makanan ke rumah. Butuh suatu barang tapi ga nemu barangnya? Bisa beli lewat situs jual-beli online. Mau pergi ke suatu tempat tapi ga ada alat transportasi? Minta jemput sama mantan. Tinggal angkat telepon panggil taksi, beres.

Ada nih cewek pengen jalan ke mall. Dia malah minta jemput sama mantannya. Cewek macam apa ini?! Memanfaatkan cowok buat jadi alat transportasinya. Keterlaluan! Cowok bukan alat transportasimu yang bisa dipanggil seenaknya! Eh, ternyata mantannya supir taksi.

Jadi belakangan ini gw sering banget beli barang via online. Semua kebutuhan gw bisa terpenuhi dengan belanja online. Butuh memory card? Beli via online. Butuh keyboard sama mouse baru? Beli via online. Butuh pacar? Maaf, silakan cari di tempat lain.

Tapi disamping semua kemudahannya itu, online shopping juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangannya yang gw temukan adalah:


1. Ada ongkos kirim
Sebutlah gw beli barang yg harganya 40 ribu. Harganya cukup murah, gw sudah cek di tempat lain paling murah 45 ribu. Tapi setelah pembayaran, eh buset dah, masa ongkos kirimnya pake JNE 300 rebu? Yang bener aja. Ini orang mau jualan apa mau nipu gw? Gak lagi dah gw beli aqua galon via online.


2. Harus nunggu waktu pengiriman
Memang belanja online gak seperti beli barang di toko yang langsung bisa kita bawa pulang barangnya. Ada waktu tunggu pengiriman dari tempat penjual ke tempat pembeli. Gw beli snack dari luar negeri yang lagi promo. Sebelum beli, gw cek dulu berapa ongkos kirimnya biar gak ketipu kayak kejadian aqua galon tadi.

Ternyata ongkirnya murah banget, para pembaca. Akhir cerita gw borong dah tu snack. Dikirim via kapal, tiga bulan baru dateng barangnya. Pas sudah dateng, kadaluarsa semua snacknya. Baru gw baca mereka jual snack yg hampir kadaluarsa, makanya ngasih harga promo.


3. Rawan penipuan
Sudah deal barangnya, duit sudah ditransfer, eh, penjual langsung menghilang bagai kentut yang dihirup dalam-dalam. Memang butuh kepercayaan dari pembeli dalam bertransaksi via online. Sekarang sih ada jasa pihak ketiga supaya transaksi jadi aman. Tapi jasa itu juga rata-rata ada biayanya. Sebut saja gw beli aqua galon yang tadi. Merasa tertipu oleh ongkir yang mahal, gw protes ke penjualnya. 

Akhirnya kita sampai pada suatu keputusan sehingga ongkir bisa ditekan jadi 30 ribu saja. Penjualnya pinter banget, dia bisa menekan biaya ongkir dari 300 ribu jadi 30 ribu hanya dengan mengosongkan isi galon. Ga terpikir sama gw. Takut tertipu, gw pakai jasa pihak ketiga. Setelah transfer, anehnya kok ga ada kabar lagi? Dan yang bikin gw lebih bingung adalah kok orang jual aqua galon ngerangkap jadi pihak ketiga ya?


Nah kira-kira begitulah pros dan cons nya belanja online. Kalo belanjanya jeli, kita bisa dapet harga yang lebih murah dari pasaran. Tapi kita juga harus hati-hati biar gak kena penipuan yang akhir-akhir ini mulai marak terjadi. :)

No comments:

Post a Comment